Kamis, 21 Juli 2011

SKKNI TEKNISI AKUNTANSI

SKEMA SERTIFIKASI
1. LINGKUP PENGUJIAN

Lingkup pengujian Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP TA) ditetapkan berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang sudah disepakati oleh stakeholder melalui kegiatan konvensi SKKNI dan sudah dibakukan dengan SK Menteri Tenaga Kerja. Lingkup pengujian LSP Teknisi Akuntansi dikhususkan untuk bidang pekerjaan Teknisi Akuntansi yang meliputi Teknisi Akuntansi Pelaksana dan Teknisi Akuntansi Penyelia.
Dalam Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) hasil konvensi nasional 18 Desember 2003/KEP.No.70A/MEN/2003 disebutkan bahwa berdasarkan parameter kegiatan, pengetahuan dan tanggungjawab, maka terdapat IX (sembilan) jenjang kualifikasi. Berdasarkan keputusan tersebut maka disepakati bahwa Teknisi Akuntansi Pelaksana berada di jenjang kualifikasi III (Tiga) dan Teknisi Akuntansi Penyelia berada di jenjang kualifikasi IV (empat).
Berdasarkan Keputusan Nomor: 70A/MEN/2003, maka parameter kegiatan, pengetahuan dan tanggung jawab untuk kualifikasi III adalah sebagai berikut :
KUALIFI
KASI
PARAMETER
KEGIATAN
PENGETAHUAN
TANGGUNGJAWAB


III
Melaksanakan Kegiatan:
  1. Dalam lingkup yang luas dan memerlukan ketrampilan yang sudah baku,
  2. Dengan pilihan-pilihan terhadap sejumlah prosedur
  3. Dalam sejumlah konteks yang sudah biasa
  1. Menggunakan pengetahuan-pengetahuan teoritis yang relevan
  2. Menginterprestasikan informasi yang tersedia
  3. Menggunakan perhitungan dan pertimbangan
  4. Menerapkan sejumlah pemecahan masalah yang sudah baku
  1. Terhadap kegiatan sesuai arahan dengan otonomi terbatas
  2. Dibawah pengawasan tidak langsung dan pemeriksaan mutu
  3. Bertanggung jawab secara memadai terhadap kuantitas dan mutu hasil kerja
  4. Dapat diberi tanggungjawab terhadap hasil kerja orang lain
Mengacu pada parameter jenjang kualifikasi diatas, maka dirumuskan definisi Teknisi Akuntansi Pelaksana dengan Teknisi Akuntansi Penyelia berdasarkan sifat pekerjaan, lingkup aktivitas dan jenis pekerjaan sebagai berikut:
Teknisi Akuntansi Pelaksana
Sifat Pekerjaan
Lingkup Aktivitas
Jenis Pekerjaan
Bekerja sesuai dengan prosedur dan dibawah bimbingan
Melakukan pekerjaan di bidang teknisi akuntansi pelaksana yang berkaitan dengan mengelola dokumen kas kecil dan kas di bank,  mengelola piutang dan utang, mengelola persediaan, mengelola aktiva tetap, melakukan kegiatan entry jurnal, memposting ke buku besar dan menyajikan laporan keuangan baik pada perusahaan manufaktur, dagang maupun jasa.
Pemproses dokumen kas kecil dan kas di bank
Pemproses entri jurnal
Pemproses buku besar
Pengelola kartu piutang dan utang
Pengelola kartu persediaan dan aktiva tetap
Penyusun Laporan Keuangan
Berikut ini paket-paket Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Teknisi Akuntansi berdasarkan level sertifikat
Pekerjaan                    :     Teknisi Akuntansi Pelaksana
Kode Pekerjaan         :skema1
Level                             :     Sertifikat III

KELOMPOK KOMPETENSI UMUM

NO
Kode Unit
Judul Unit Kompetensi

1.
JAP. TA01.001.01
Menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja

2.
JAP.TA01.002.01
Menerapkan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja

KELOMPOK KOMPETENSI INTI
NO
Kode Unit
Judul Unit Kompetensi
1.
JAP.TA02.001.01
Memproses dokumen dana kas kecil
2.
JAP.TA02.002.01
Memproses dokumen dana kas  di bank
3.
JAP.TA02.003.01
Memproses entri jurnal
4.
JAP.TA02.004.01
Memproses buku besar
5.
JAP.TA02.005.01
Mengelola kartu piutang
6.
JAP.TA02.006.01
Mengelola kartu utang
7
JAP.TA02.007.01
Mengelola kartu persediaan
8
JAP.TA02.008.01
Mengelola kartu aktiva tetap
9.
JAP.TA02.009.01
Menyusun laporan keuangan






KELOMPOK KOMPETENSI KHUSUS
NO
Kode Unit
Judul Unit Kompetensi
1
JAP.TA03.001.01
Mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet
2
JAP.TA03.002.01
Mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi

SKKD AKUNTANSI-SPEKTRUM 2009

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELOMPOK PROGRAM PRODUKTIF
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

BIDANG STUDI KEAHLIAN              :  BISNIS DAN MANAJEMEN
PROGRAM STUDI KEAHLIAN         :  KEUANGAN
KOMPETENSI KEAHLIAN                :  AKUNTANSI
KODE                                                    :  119
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
1.       Menerapkan prinsip praktik profesional dalam bekerja
1.1    Mengidentifikasi luas, sektor dan tanggung jawab industri
1.2    Mengidentifikasi dan menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan
1.3    Mengelola informasi
1.4    Merencanakan penyelesaian pekerjaan dengan mempertimbangkan keterbatasan waktu dan sumber daya
1.5    Merancang & mengelola kompetensi personal.
2.       Menerapkan praktik-praktik kesehatan dan keselamatan di tempat kerja
2.1     Mengikuti prosedur kerja untuk mengidentifikasi bahaya & pengendalian resiko
2.2     Berkontribusi untuk berpartisipasi  dalam pengaturan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja
2.3     Menerapkan praktik keselamatan kerja.
3.       Melaksanakan komunikasi bisnis yang efektif
3.1   Mengidentifikasi mengidentifikasi penerima pesan
3.2   Membuat pesan bisnis
3.3   Memilih media komunikasi yang tersedia
3.4   Mendemontrasikan komunikasi bisnis.
4. Melaksanakan prosedur  administrasi dokumen transaksi
4.1.  Mengidentifikasi dokumen  transaksi
4.2.  Memverifikasi dokumen transaksi

4.2.  Memproses dokumen transaksi

4.3.  Mengarsipkan dokumen transaksi.


KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.     Memproses dokumen dana kas kecil
1.1   Mempersiapkan pengelolaan administrasi dana kas kecil
1.2   Menghitung mutasi dana kas kecil
1.3   Menghitung selisih dana kas kecil
1.4   Mengisi dana kas kecil
1.5   Mencatat mutasi dan selisih dana kas kecil.
2.     Memproses dokumen dana kas di bank
2.1   Mempersiapkan pengelolaan administrasi Kas Bank
2.2    Menghitung mutasi kas bank
2.3    Membukukan mutasi kas bank
2.4    Menyusun laporan rekonsiliasi bank
2.5    Membukukan penyesuaian kas di bank.
3.     Memproses entri jurnal
3.1     Mengelompokkan dokumen sumber
3.2     Menyiapkan jurnal
3.3     Mengarsipkan dokumen.
4.     Memproses buku besar

4.1     Mempersiapkan pengelolaan buku besar
4.2     Membukukan jumlah angka dari jurnal ke buku besar
4.3     Menyusun daftar saldo akun dalam buku besar.
5.     Mengelola kartu piutang

5.1      Mempersiapkan pengelolaan kartu piutang
5.2      Mengidentifikasi data piutang
5.3      Membukukan mutasi piutang ke kartu piutang
5.4      Melakukan konfirmasi saldo piutang
5.5      Menyusun laporan piutang.
6.     Mengelola kartu persediaan

6.1      Mempersiapkan pengelolaan kartu persediaan
6.2      Mengidentifikasi data mutasi persediaan
6.3      Membukukan mutasi persediaan ke kartu persediaan
6.4      Membuat laporan persediaan
6.5      Membukukan selisih persediaan.
7.     Mengelola kartu aktiva tetap

7.1      Mempersiapkan pengelolaan kartu aktiva tetap
7.2      Mengidentifikasi data mutasi aktiva tetap
7.3      Mengidentifikasi penyusutan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap
7.4      Membukukan mutasi aktiva tetap ke kartu aktiva tetap
7.5      Membukukan mutasi penyusutan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap.
8.     Mengelola kartu utang

8.1      Mempersiapkan pengelolaan kartu utang
8.2      Mengidentifikasi data utang
8.3      Membukukan mutasi utang ke kartu utang
8.4      Menyusun laporan utang.
9.     Menyajikan laporan harga pokok produk
9.1      Mengkompilasi biaya
9.2      Menghitung pembebanan biaya
9.3      Menghasilkan laporan biaya.
10.   Menyusun laporan keuangan
10.1   Membukukan jurnal penyesuaian
10.2   Menyusun laporan keuangan
10.3   Membukukan jurnal penutup
10.4     Menyusun daftar saldo akun setelah penutupan.
11.   Menyiapkan surat pemberitahuan pajak
11.1     Menyiapkan dokumen transaksi pemungutan dan pemotongan Pajak Penghasilan (PPh)
11.2     Menyiapkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan pasal 21
11.3     Menyiapkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi
11.4     Menyiapkan SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Badan
11.5     Menyiapkan SPT Masa pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penjualan atas barang mewah (PPn-BM).
12.   Mengoperasikan paket program pengolah angka/ spreadsheet

12.1     Mempersiapkan komputer dan paket program pengolah angka
12.2     Mengentri data
12.3     Mengolah data dengan menggunakan fungsi-fungsi program pengolah angka
12.4     Membuat laporan
13.   Mengoperasikan aplikasi komputer akuntansi


13.1     Menyiapkan data awal perusahaan
13.2     Membuat bagan akun (chart of account)
13.3     Membuat buku pembantu
13.4     Mengentri saldo awal
13.5     Mengentri transaksi
13.6     Membuat laporan
13.7     Membuat backup file.